BERANDA

Kamis, 09 Juni 2011

PEMKAB SUMENEP MINTA LEMBAGA PENDIDIKAN TANAMKAN NILAI-NILAI PANCASILA

Pemerintah Kabupaten Sumenep berharap lembaga pendidikan, mulai Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk menamkan nilai-nilai Pancasila pada siswa.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep, Drs. H. Moh. Saleh, MM, Kamis (09/06) mengatakan, lembaga pendidikan perlu menyediakan waktu untuk memberikan pelajaran khusus tentang pancasila agar siswanya memahamani dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupannya.

Sebab akhir-akhir ini, pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan masyarakat mulai menurun, Sehingga dengan fenomena tersebut, lembaga pendidikan mempunyai kewajiban untuk membangun karakter bangsa pada siswanya.

”Saat ini memang nilai-nilai Pancasila kesakralannya mulai berkurang ditengah-tengah masyarakat, sehingga lembaga pendidikan harus membangun nilai-nilai pancasila pada siswanya guna membangun karekter bangsa,”tegasnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep menyatakan, jika pendidikan Pancasila tidak menjadi kurikulum mata pelajaran pendidikan tersendiri namun masih bergabung dengan Pendidikan Kewarganegaraan (PKN), diharapkan lembaga pendidikan membuat jadwal khusus untuk memberikan pelajaran pendidikan Pancasila pada siswanya.

Salah satunya lembaga pendidikan bisa memasukkan pendidikan Pancasila dalam satu ekstra kurikuler di lembaganya.

”Ini kemungkinan yang harus dilakukan lembaga pendidikan agar siswanya bisa mendapatkan pendidikan Pancasila secara khusus dalam ekstra kulikuler,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar