BERANDA

Jumat, 11 November 2011

KEMBANGKAN PETERNAKAN MELALUI BUDI DAYA PAKAN TERNAK

Melalui kegiatan budi daya pakan ternak dan inseminasi ternak di tahun 2011 di Kabupaten Sumenep, diharapkan dapat berhasil dengan maksimal, sehingga persediaan pakan ternak di Kabupaten paling timur di Madura ini tidak sampai mengalami kendala yang sangat signifikan.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Budi Daya dan Pengembangan Ternak Dinas Petrenakan Kabupaten Sumenep, Umar Fatah, S.Pt mengungkapkan, pakan ternak merupakan syarat mutlak yang harus terpenuhi oleh masyarakatat petani untuk menjaga pertumbuhan hewan piaraannya.

Salah satu upaya untuk melaksanakan pengembangan pakan ternak tersebut, pihaknya bekerjasama dengan Universitas Brawijaya Malang, dengan mengadakan pelatihan untuk pembudi dayaan rumput gajah.

“Dengan budidaya rumput gajah ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan pakan hewan. Sebab rumput gajah mengandung vitamin khusus bagi penambah perkembangan sapi. “Ujarnya.

Dijelaskan, melalui pelatihan penanaman rumput gajah kepada masyarakat petani, nantinya masyarakat secara mandiri dapat lebih banyak memiliki persediaan pakan ternak. Apalagi saat ini merupakan awal musim hujan, dan sangat tepat untuk memulai budidaya rumput gajah.

Disamping itu menurut Umar Fatah, pihaknya juga melaksanakan kegiatan inseminasi buatan (kawin suntik) tanpa harus di kawinkan dengan sapi jantan seperti biasanya. Sehingga, lebih mudah dan hasilnya dapat lebih maksimal tapa harus mengeluarkan biaya dan tenaga.

“Diharapkan, dengan pengetahun dan ilmu yang dimiliki tersebut para peternak dapat menjadikan usaha ternak sebagai penyanggah ekonomi masyarakat untuk sejahtera,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar