BERANDA

Selasa, 11 Oktober 2011

PROPOSAL JALAN SEHAT


KIM BARU.bmp
KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT (KIM)
SINAR PELITA
DESA KEBUNDADAP TIMUR KEC. SARONGGI
KAB. SUMENEP
Sekretariat: Jln. Menara Suar N0. 56 Kebundadap Timur
Tlp: 085330518247



PROPOSAL
“SPONSORSHIP”
JALAN SEHAT MENUJU GENERASI INDONESIA SEHAT
(Bikin Hidup Lebih Hidup Tanpa Narkoba)


PENDAHULUAN

Narkoba merupakan ancaman serius bagi kelansungan pembangunan khususnya di Indonesia, betapa tidak indikasi penyalahgunaan narkoba di Indonesia saat ini bukan hanya terbatas pada kalangan tertentu saja tetapi hampir semua kalangan baik datingkatan usia maupun jenis pekerjaan kenal dan terlibat penyalahgunaan narkoba, sebut saja mulai dari anak usia sekolah lanjutan tingkat pertama sampai pada para orang tua yang berusia hampir lanjut atau dari buruh kasar sampai pejabat pun terlibat penyalahgunaan Narkoba.

Berangkat dari fakta diatas sudah dapat dipastikan bahwa dampak penyalahgunaan NARKOBA telah dirasakan oleh hampir seluruh lapisan masyarakat, Secara langsung oleh pengguna dan keluarga yaitu tiga pilihan bagi para pengguna NARKOBA yang pertama mati, kedua penjara dan ketiga menjadi gila apabila tidak ingin menghentikan kebiasaan buruknya menyalahgunakan NARKOBA, tentunya kita tidak ingin hal tersebut terjadi pada diri kita dan atau salah satu anggota keluarga kita, selain itu penyakit paling berbahaya dan mematikan dan belum ada obatnya sampai hari ini yaitu HIV/AIDS juga salah satu faktor penyebabnya adalah penggunaan jarum suntik yang tidak steril secara bergaintian oleh pengguna NARKOBA, selain itu penurunan prestasi bagi anak sekolah akibat penyalahgunaan NARKOBA merupakan dampak buruk yang tidak bisa ditawar-tawar karena generasi muda merupakan tonggak masa depan bangsa kita kelak.

Dampaknya juga dirasakan secara tidak langsung oleh masyarakat umum, misalnya pelayanan publik yang kurang memuaskan akibat para pelaku pelayanan publik (pegawai) tersebut telah dirusak mental dan pribadinya akibat penyalahgunaan narkoba, atau kekerasan dalam rumah tangga dan ketidak harmonisan hubungan dalam rumah tangga akibat salah satu dari anggota keluarga telah menjadi jungkie (sebutan lain untuk pengguna narkoba), juga semakin meningkatnya tindak kriminal dan semakin banyaknya macam modus operandi yang dilancarkan para pelaku kriminal tidak terlepas dari efek buruk penyalahgunaan narkoba, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa barang haram tersebut dibeli dengan harga yang sangat tinggi sedangkan tidak semua pengguna narkoba memiliki kemampuan yang besar untuk setiap saat membeli narkoba, hal inilah yang membuat sebagian dari mereka (para pengguna) untuk menghalalkan segala cara, bahkan tindak kriminal yang sangat keji pun dilakukun semata-mata untuk memperoleh barang haram tersebut.

Pemaparan di atas hanya sebagian kecil dari begitu banyak dampak buruk yang telah dirasakan bangsa ini dan Kabupaten Jeneponto pada khususnya akibat penyalahgunaan NARKOBA.
Sebagai salah satu bentuk kepedulian kami untuk memerangi dan menyalamatkan generasi kita dari bahaya Narkoba yang searah dengan salah satu program pemerintah tentang pemberantasan NARKOBA yang tertuang dalam Instruksi Presiden Republik Indonesia No. 3 Tahun 2002 tentang Penanggulangan penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika, Psikotropika, Prekursor dan Zat Adiktif lainnya serta salah satu program dari solidaritas slankers indonesia mengajak seluruh lapisan masyarakat di Indonesia untuk menjadikan sebagai tahap awal untuk menabuh genderang perang terhadap NARKOBA. Sebelum kita, keluarga kita, sahabat dan teman-teman kita, saudara-saudara kita se-Indonesia menjadi korban selanjutnya dari bahaya penyalahgunaan NARKOBA.

LATAR BELAKANG 
Dalam forum kehumasan yang di lakukan oleh Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas)  Pemerintah dan Badan Narkotika Nasional (BNN) pada tanggal 16 Februari 2010 di Hoptel Sahid Jakarta, Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono menegaskan bahwa ada 3 (tiga) hal utama yang harus di perangi oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia yaitu korupsi, terorisme dan narkotika. Terkait dengan narkoba, hingga saat ini hasil penelitian jumlah penyalahgunaan narkoba adal;ah 1,5 % dari penduduk indonesiaatau sekitar 3,3 juta orang. Dari 80 juta jumlah pemuda Indonesia, 3% sudah mengalami ketergantungan narkoba, serta sekitar 15.000 orang telah meninggal dunia setiap hari 40orang menjemput maut karena overdosis narkoba.

Melihat data di atas, dapat di tarik sebuah benang merah bahwa generasi muda sangat rentan terhadap penyalahgunaan narkoba yang akan membawa dampak pada ketergantunggan terhadap obat yang bersifat adiktif tersebut. Meskipun sampai saat ini, korban ketergantungan narkoba di indonesia  kurang signifikan dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia tetapi patut di iingat bahwa keterbukaan dan kemudahan dalam segala hal yang di sebabkan oleh perkembangan teknologi akan tetap membawa dampak yang buruk bagi pola pikir dan prilaku bagi generasi muda Indonesia.

Menyikapi persoalan di atas, Kelompok Informasi Masyarakat ( KIM ) Sinar pelita Kebundadap Timur tergugah dan terpangil untuk sekedar menyingsingkan lengan baju dan bergandengan tangan untuk sama-sama membangun kepedulian terhadap bahaya ketergantungan narkoba. Sadar atau tidak, arus perubahan jaman yang kian mengglobal menbawa aneka perubahan yang bisa mengarah kepada kebaikan sekaligus pada keburukan. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi selalu di barengi oleh nilai-nilai moral dan etika. Jika tidak di bentingi dengan nilai-nilai keagamaan, maka niscaya pola hidup yang konsumeristic, egoistic akan merambah kepada segenap generasi muda Indonesia.

Oleh karena itui, sejalan dengan bangunnya generasi muda indonesia untuk mengatakan tidak terhadap narkoba, kami datang mengetuk kepedulian semua pihak untuk dapat memberikan kontribusi baik moril maupun material pada aksi kampanye gerakan anti narkoba oleh generasi muda indonesia yang di harapkan untuk menjadi andalan dalam membangun masa depan yang lebih baik


MAKSUD DAN TUJUAN
·         Mengajak masyrakat untuk hidup sehat tanpa narkoba.
·         Sebagai misi sosial dan kampanye gerakan anti narkoba.
·         Menginggatkan kepada setiap individu masyarakat bahwa mengkonsumsi narkoba membawa bencana.
·         Mengajak seluruh lapisan masyarakat Desa Kebundadap timur dan sekitarnya  untuk bersama-sama memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkoba.
·         Ikut mensukseskan progam Pemerintah melaksanakan pembangunan yang bersih dan bebas NARKOBA.

NAMA KEGIATAN
Kegiatan ini kami beri nama “Jalan Sehat Menuju Generasi Indonesia Sehat” dalam rangka gerakan kampanye anti narkoba dan sebagai ajang sosialisasi kepada masyarakat tentang bahayanya bila mengkonsumsi narkoba.

TEMA KEGIATAN
Melalui gerakan kampanye anti narkoba dengan bertema “Bikin Hidup Lebih Hidup Tanpa Narkoba” mari kita menjadi masyarakat  dan generasi muda yang terbebas dari narkoba

BENTUK KEGIATAN:
·         Jalan Sehat
·         Penyebaran Panflet tentang Narkoba dan Bahayanya
·         Pemutaran Film Tentang Narkoba

PESERTA
Peserta kegiatan ini adalah masyarakat umum di wilayah Kecamatan Saronggi dan sekitarnya.

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Kegiatan “Jalan Sehat Menuju Generasi Indonesia Sehat”  akan     di laksanakan pada:
Hari / Tanggal : Minggu , 16 Oktober 2011
Tempat Kegiatan : Lapangan Desa Kebundadap timur Kec. Saronggi Kab. Sumenep
Rute Jalan Sehat : Lapangan Desa Kebundadap timur – batas desa Tanjung ( P.P )
  
PENUTUP
Demikian proposal ini kami buat, sebagai gambaran atas kegiatan yang kami laksanakan. Kami sangat mengharapkan dukungan, partisipasi dan doanya dari pihak-pihak yang akan membantu kegiatan pelaksanaan ini sebagai sponsor / donatur, baik secara langsung maupun tidak langsung. Semoga apa yang kami lakukan serta harapkan, dengan kerendahan hati dan impian kami untuk mengkampanyekan gerakan anti narkoba di indonesia dapat terwujud secara perlahan dan berharap dan mengharap ridho Allah SWT serta bimbingan-Nya dan hanya kepada-Nya kami berserah diri.


UCAPAN TERIMA KASIH
Dengan kerendahan hati, kami haturkan terima kasih, rasa penghargaan, rasa bangga, dan rasa haru kami, kepada seluruh pihak, yang turut memberikan kontribusi, terlaksananya kegiatan “Jalan Sehat Menuju Generasi Indonesia Sehat” (bikin hidup lebih hidup tanpa narkoba) dalam kegiatan misi sosial kami aksi damai, kampanye gerakan anti narkoba kepada seluruh masyarakat agar termotivasi untuk bersama-sama kita merapatkan barisan untuk tidak mengkonsumsi narkoba sampai kapanpun. Amin .
Tak lebih kami gantikan, kecuali do’a ikhlas kami untuk anda semua, semoga Allah SWT, membalas dengan lipahan Rahmatnya. Amin.

Saronggi, 24 September 2011


Ketua Panitia


H.IBNU FADIRUL WAHED, S.Kep, Ns
 








KEPALA DESA
Kebundadap Timur


S U B A N D R I Y O
 


KETUA KIM SINAR PELITA
Kebundadap Timur


Drs. H. IMAM SYAFI’I
 
MENGETAHUI







CAMAT SARONGGI


Drs. RB. H. AS-ARI ZAHID, MM
Pembina Tk. I
NIP. 19560514 198003 1 014







Lampiran 1 :
Panitia Jalan Sehat

Pelindung     : Subandriyo ( Kades Kebundadap Timur )
Penasehat    : H. Drs. Imam Syafi’i ( Ketua KIM Sinar Pelita )
Ketua           : H. Ibnu Fadirul Wahed, S.Kep, Ns
Sekretaris     : Mashuriyanto, S.pd.I
Bendahara    : Yuni Trisnawati

Koordinator Seksi :
Sie Humas : Murhasin, BA
Sie Perlengkapan : Hidayat
Sie Penggali Dana : Abd. Rahem, S.Pd
Sie Acara : Rudi Hartono
Sie Kesekretariatan : Warninda, S.Pd.I
Sie Keamanan : Mahru
Sie Pub,dek,dok : Naryono, A.Ma.Pd
Sie Konsumssi : Siti Suibah
Sie Kesehatan : Trisnawati, A.Md.Kep


Lampiran 2
Anggaran Dana

Rincian Anggaran yang dibutuhkan untuk Jalan Sehat :
No
Uraian
Banyak
Biaya
Jumlah
1 Proposal
20
@ Rp. 5000,-
Rp. 100.000,-
2 Perlengkapan :
·         Sound System
·         Panggung
·         Terop

X
x
x

Rp. 800.000,-
Rp. 500.000,-
Rp. 200.000,-

Rp. 800.000,-
Rp. 500.000,-
Rp. 200.000,-
3 Kesekretariatan :
·         Stempel
·         Spidol
·         Kertas Coklat

1
4
x

Rp. 30.000,-
@ Rp. 5.000,-
Rp. 50.000,-

Rp. 30.000,-
Rp. 20.000,-
Rp. 50.000,-
4 Sie Keamanan :
·         Kertas Karton

x

Rp. 20.000,-

Rp. 20.000,-
5 Sie Pub,Dek,Dok :
·         Spanduk
·         Pamflet
·         Cetak

4
200
x

@ 80.000,-
@ 100,-
Rp. 50.000,-

Rp. 320.000,-
Rp. 20.000,-
Rp. 50.000,-
6 Sie Acara :
·         Kupon
·         Hadiah

3000
x

Rp. 80.000,-
Rp. 5.000.000,-

Rp. 80.000,-
Rp. 5.000.000,-
7 Sie Konsumsi :
·         Makan + Minum
·         Minum

100
3

@ Rp. 5.000,-
@ Rp. 15.000,-

Rp. 500.000,-
Rp. 45.000,-
8 Sie Kesehatan :
·         Obat-obatan

x

Rp. 50.000,-

Rp. 50.000,-

Jumlah


Rp. 7.785.000,-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar