BERANDA

Senin, 10 Oktober 2011

Lindungi Jantung Sebelum Terlambat

Jantung mampu memompa 1,5 liter darah ke seluruh tubuh kita yang menjadikannya salah satu organ penting. Untuk itu menjaganya dengan tidur secara terarur, memperbanyak gerak fisik, serta mengurangi stres dapat membantunya untuk bertahan lebih lama.

Waktu tidur yang kurang dari 8 jam dapat meningkatkan risiko darah tinggi. Hal ini dikarenakan tekanan darah seseorang turun sebesar 10-20 persen dan akan kembali naik ketika mereka bangun. Dengan itu, rata-rata tekanan darah akan naik di tiap harinya sehingga dapat memberikan efek yang signifikan apabila terjadi dalam jangka waktu panjang.

Menurut Asosiasi Jantung Amerika, seseorang sebaiknya melakukan kegiatan fisik ringan seperti berjalan cepat selama 150 menit. "Waktu bukanlah hal yang dipentingkan, melainkan frekuensi dari latihan yang dilakukan di tiap harinya" tutur Scott Danberg, Direktur pusat kebugaran di the Pritikin Longevity Center & Spa, Miami, Amerika Serikat, Selasa (11/10).

Lalu, menjauhkan diri dari stres juga bisa menjadi langkah kecil yang disarankan untuk merawat kesehatan jantung kita. Kegiatan yang memberikan relaksasi seperti yoga, dipercaya dapat menunjang dalam penurunan tingkat stres seseorang.

"Apabila Anda terlalu letih, maka tingkat kortisol (hormon yang merangsang stres) akan menyebabkan percepatan pada detak jantung dan berujung pada darah tinggi." ujar Dr.Martha Gulati dari Departemen Kesehatan Jantung Wanita, Ohio State University, Amerika Serikat.

Ia menambakan, "Hormon tersebut dapat menuntup lapisan arteri sehingga menghambat darah untuk mengirim nutrisi yang diperlukan tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar