BERANDA

Selasa, 26 April 2011

PELUNCURAN PNPM PEDULI

Menko Kesra Luncurkan PNPM Peduli

Menko Kesra Agung Laksono, Rabu, di Galeri Nasional, Jakarta, meluncurkan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Peduli.

Program ini bertujuan untuk memberikan dana hibah kepada organisasi masyarakat sipil Indonesia untuk mendanai LSM lokal dan organissi berbasis masyarakat yang bekerja dengan dan juga memberdayakan kelompok paling marjinal di antara masyarakat miskin.

Menurut Perwakilan Bank Dunia Indonesia, program ini akan berusaha manargetkan kelompok-kelompok masyarakat yang acapkali tidak tersentuh oleh pendekatan pembangunan berbasis masyarakat yang sudah ada, yang dinilai masih kurang ef ektif di dalam menjangkau kelompok yang paling marjinal.

PNPM Peduli menggunakan konsep luas yang berfokus pada marjinalisasi ekonomi dan sosial seringkali berjalan beriringan tetapi tidak harus selalu demikian halnya.

Menko Kesra dalam kesempatan ini mengemukakan, menurut data BPS, penduduk miskin di Indonesia pada 2010 berjumlah 31,02 juta jiwa atau 13,33%. Dari junmlah tersebut sebanyak 11,01 juta jiwa berada di daerah perkotaan dan sisanya di perdesaan.

Pada 2014, kata Agung yang pada 23 Maret berulang tahun; pemerintah manargetkan tingkat kemiskinan rata-rata minimal satu persen per tahun.

”Untuk itulah penanggulangan kemiskinan bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, tetapi tanggung jawab kita semua,” tambah Menko Kesra. (H

Tidak ada komentar:

Posting Komentar