BERANDA

Kamis, 19 Mei 2011

BERHARAP BANTUAN DBHCHT 2011 TINGKATKAN KESEJAHTERAAN PETANI

Pemerintah Kabupaten Sumenep berharap bantuan pengembangan modal usaha tembakau melalui Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT), bisa meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan petani.

Bupati Sumenep, Drs. KH. A. Busyro Karim, M.Si pada acara sosialisasi bantuan modal pengembangan usaha DBHCHT 2011 di Hotel Safari Jaya Sumenep, Kamis (12/05) mengatakan, kelompok petani tembakau penerima bantuan modal DBHCHT dalam mengelola dana tersebut penuh dengan tanggung jawab.

Bahkan, harus memanfaatkan bantuan DBHCT tersebut sesuai dengan kebutuhannya, dalam rangka meningkatkan produktivitas dan kualitas komoditas tembakau yang mempunyai kadar nikotin rendah dan sesuai dengan kebutuhan pabrik tembakau, agar hasil produksi tembaku bisa mewujudkan peningkatan ekonomi dan kesejahteraan petani tembakau.

”Kami harapkan kelompok tani dengan bantuan pengembangan modal tersebut bisa meningkatkan pendapatannya, sekaligus mewujudkan kelompok tani mandiri yang berbasis bisnis, dan berkembang menjadi kelompok tani yang bermodal kuat untuk penanaman tembakau pada musim tanam selanjutnya,”jelasnya.

Bupati menyatakan, kelompok tani juga senantiasi berkoordinasi dengan pihak terkait, dalam rangka meningkatkan produktivitas dan kualitas tanaman tembakaunya.

”Selain itu, pihak terkait selalu berkoordinasi dengan gudang tembakau untuk mencari peluang pasar yang menguntungkan petani, agar gudang tembakau menerima produksi tembakau petani dengan harga yang layak,”ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Sumenep, Ir. Arief Rusdi mengatakan, bantuan modal pengembangan usaha kelompok petani tembakau DBHCHT 2011 sebanyak 130 kelompok, dan sebanyak 50 kelompok petani mendapat bantuan modal PAK pada tahun 2010.

”Masing-masing kelompok petani tembakau menerima kucuran dana sebesar Rp. 14.400.000,00 dan peralatan pasca panen, tapi untuk 50 kelompok petani yang terprogram pada PAK 2010, hanya menerima bantuan modal pengembangan usaha saja, sebab untuk bantuan peralatannya sudah menerima pada tahun lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar