BERANDA

Senin, 30 Mei 2011

Menjaga kesehatan saat perubahan musim

Indonesia tanah air kita dikarunia banyak hal yang membuat bangsa lain terkesimah dan ingin memilikinya, baik hasil bumi, ternak dan kondisi alam yang menyejukkan pandangan yang diberikan oleh Rahmat Robbul alamin yang juga menganugrahi kita dengan 2 musim.
Dibulan desember ini perubahan musim pun berjalan dengan semestinya ada yang menjadi anugrah bagi mahluk-Nya ada juga yang menjadi bencana. Bagi kita sendiri khususnya dibulan ini rentang akan terjangkitnya penyakit, untuk itu menjaga kesehatan saat perubahan musim (pancaroba) sangatlah penting seperti istilah sedia payung sebelum hujan.
Ada beberapa tip’s yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan di musim pancaroba ini agar aktifitas kita tidak terganggu, yaitu sebagai berikut :
1. Beristirahat yang cukup setelah beraktifitas
Untuk dewesa 8 jam sehari.
Untuk Anak-anak 10 jam sehari.
2. Mengkonsumsi air minimal 2 liter /hari.
3. Konsumsi makanan untuk tubuh kita dengan mengikuti apa yang disarankan oleh para ahli yaitu makanan 4 sehat 5 sempurna.
4. Tambah asupan tubuh dengan Multi vitamin atau imunitas tubuh.
5. Juga bisa dengan cara yang alamiyah dengan mengkonsumsi madu dan habbatussauda (jintan hitam).
6. Jika bepergian bawalah payung untuk melindungi diri dari hujan dan saat berkendaraan bermotor pergunakan jas hujan.
7. Dan berolahraga untuk menjaga kebugaran tubuh bagi yang memiliki aktifitas padat mereka dapat berolahraga dengan melakukan joging didalam rumah atau sehabis sholat subuh.
Dan apabila penyakit telah menghinggapi diri kita atau keluarga jangan panik terlebih dahulu, lakukan pertolongan pertama dengan mengobati dengan obat-obatan yang bebas dijual sesuai dengan penyakit yang diderita. Jikalau belum sembuh juga selama tiga hari maka bawa kedokter terdekat.
Demikianlah sedikit tip’s yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan diri saat musim pancaroba ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar