BERANDA

Senin, 02 Mei 2011

IMUNISASI

Program imunisasi merupakan salah satu teknologi yang sangat efektif dalam mencegah terjadinya PD3I (Penyakit yang Dapat Dicegah dengan Imunisasi) yang secara langsung berhubungan dengan penurunan angka kematian bayi dan balita.

Rendahnya pencapaian cakupan imunisasi tentunya akan membuat sia-sia sumberdaya yang telah dikeluarkan seperti biaya operasional, vaksin, logistik, tenaga dan waktu. Bahkan yang paling memprihatinkan untuk kita semua adalah kegagalan imunisasi akan mengancam terjadinya kesakitan, kecacatan, atau kematian pada anak yang diakibatkan PD3I. Karenanya untuk mendukung peningkatan capaian cakupan imunisasi diperlukan peningkatan kualitas sumberdaya tenaga yang handal, dan juga dukungan dan kerjasama semua pihak
Forum Komunikasi Imunisasi
Forum Komunikasi Imunisasi
Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan imunisasi dalam rangka mewujudkan tercapainya target Universal Child Immunization ( UCI ) Desa 100 % salah satu bentuk dukungan yang dapat diwujudkan adalah dengan membentuk Forum Komunikasi Imunisasi. Forum ini berfungsi sebagai sarana penguatan kerjasama mitra dalam meningkatkan mobilisasi masyarakat mendukung program imunisasi.

Berdasar pada permasalahan di atas maka pada hari Selasa, tanggal 13 Juli 2010 di Kabupaten Tulungagung telah diadakan pertemuan dengan agenda Pembentukan Forum Komunikasi Imunisasi Kabupaten Tulungagung. Bertempat di kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung dan dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Kesehatan ( Kabid PMKes dan Kabid PSDMK),  PKK, IBI, Bhayangkari, Persid, Fatayat NU, Muslimat NU, Aisyiah dan LDII Kabupaten Tulungagung, dengan jumlah peserta sebanyak 10 orang.

Pertemuan tersebut menghasilkan kesepakatan untuk membentuk Forum Komunikasi Imunisasi Kabupaten Tulungagung. Setelah forum terbentuk maka seluruh peserta membuat kesepakatan sebagai berikut:
  • Bersedia menjadi anggota FKI Kabupaten Tulungagung.
  • Mendukung tercapainya target Universal Child Immunization ( UCI ) Desa 100 % salah satunya dengan terlibat langsung dalam kegiatan Posyandu.
  • Peremuan koordinasi akan dilaksanakan 3 bulan sekali.

Dengan terbentuknya Forum Komunikasi Imunisasi Kabupaten Tulungagung diharapkan pencapaian program imunisasi sesuai target yang telah ditetapkan dan dapat memberikan kontribusi terhadap pencapaian visi dinas kesehatan yaitu Masyarakat Tulungagung Mandiri untuk Hidup Sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar