BERANDA

Sabtu, 14 Mei 2011

Cara Terbaik Mencuci Seprai

Mencuci seprai bukan pekerjaan yang mudah. Ukurannya yang besar membuat Anda harus benar-benar jeli melihat ada-tidaknya noda di seprai tersebut. Usai mencuci, membilas seprai hingga benar-benar bersih juga merupakan PR tersendiri. Agar seprai Anda bisa tahan lama, perhatikan cara mencucinya berikut ini.

* Hindari mencuci seprai dengan air hangat dan mengeringkannya dengan udara yang panas, karena panas bisa melemahkan serat-serat kain.
* Gunakan deterjen yang ringan, dan tunggu hingga busanya menjadi encer sebelum memasukkan seprai ke dalam mesin cuci. Deterjen yang belum encer bisa mengubah warna bahan seprai tersebut. Selain itu, jangan menggunakan deterjen terlalu banyak. Bila Anda tidak membilasnya sampai benar-benar bersih, seprai akan terasa kaku. Gunakan deterjen separuh dari yang direkomendasikan pada label kemasan, lalu tambahkan secangkir cuka putih pada air bilasan untuk menghilangkan sisa-sisa deterjen.
* Hindari bahan pencerah atau pemutih, karena kandungannya melemahkan serat dan mengubah warnanya. Agar seprai berwarna putih tetap cerah, tambahkan 1/4 cangkir perasan jeruk nipis ke dalam air bilasan.
* Keringkan seprai dengan pengaturan suhu yang rendah atau medium pada mesin cuci. Seprai yang dikeringkan dalam suhu yang terlalu panas akan membuat serat-seratnya mudah lapuk.
* Simpan seprai yang sudah benar-benar kering di tempat yang sejuk dan kering, jauh dari paparan sinar matahari secara langsung.
   
* Setiap tempat tidur setidaknya harus memiliki tiga set seprai, agar dapat dipakai bergantian setiap minggu. Jangan lupa pasangkan seprai dengan sarung bantal dan gulingnya masing-masing, agar penampilan tempat tidur Anda lebih rapi dan lebih menyenangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar